Home » , » Mencegah ROOTKIT

Mencegah ROOTKIT

Selamat Pagi sobat,
Artikel kali ini masih tentang ROOTKIT dan merupan artikel terakhir untuk pembahasan sekitar ROOTKIT. Artikel sebelumnya, mozalora sudah membagi satu persatu tentang rootkit, disesuakan dengan tahap2 untuk belajar rootkit. Jika sobat belum membaca artikel sebelumnya tentang ROOTKIT, silahkan dibaca dulu. adapun artikel sebelumnya yaitu 1) ROOTKIT, 2) Mendeteksi Rootkit, 3) Memerangi Rootkit.
Mencegah ROOTKIT

Untuk artikel yang akan dibahas pada posting ini yaitu tentang Mencegah ROOTKIT masuk ke sistem komputer....

MENCEGAH MASUKNYA ROOTKIT
Rootkit bagaimanapun tetap merupakan program komputer yang walaupun didesain agar sukar terdeteksi di komputer korban, tetap harus menyusup dengan memanfaatkan berbagai celah keamanan. pencegahan masuknya rootkit dapat dilakukan dengan menutup sebanyak mungkin jalan masuk program berbahaya. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa anda lakukan:
  1. Melakukan Patch/Update Keamanan Sistem Operasi. Beberapa Malware memanfaatkan celah keamanan sistem operasi dan menciptakan berbagai exploit untuk menyusup. Windows menyediakan patch/security update untuk menambal kelemahan-kelemahan sistem tersebut sehingga disarankan anda melakukan cek update secara periodik, baik dengan automatic update maupun download secara manual.
  2. Memasang Personal Firewall. Personal Firewall dirancang untuk memonitor trafic jaringan dan komunikasi yang sedang terjadi dari dan ke komputer pengguna. fitur umum lainnya dapat membatasi program yang berhak mangakses jaringan dan memberikan peringatan jika aplikasi tertentu berusaha melakukan komunikasi keluar. Beberapa personal firewall yang dapat dijadikan pilihan adalah Windows Firewall, Sygate Personal Farewall, dan Zona Alarm Free Firewall.
  3. Antivirus. Gunakan antivirus yang dapat mengupdate virus secara periodik.
  4. Virtualisasi. Ada kalanya anda tidak yakin apakah sebuah file berupa malware atau bukan. Oleh karena itu, anda dapat menjalankan file tersebut pada mesin virtual, seperti Virtual PC dan VMWare. Alternatif lain adalah menggunakan software seperti Sandboxie, yang mengalokasikan resource terpisah/terisolasi untuk menjalankan aplikasi yang diinginkan. Seluruh perubahan yang terjadi pada sandboxie tidak berpengaruh pada sistem sebenarnya.
Ok sekian pembahasan tentang ROOTKIT............

0 komentar:

Post a Comment