Home » » Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISK

Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISK

Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISK
Seberapa Pentingkah Kesehatan Harddisk?
Pertanyaan diatas memang ditujukan kepada pribadi masing-masing. Seberapa pentigkah kesehatan harddisk? Atau baru menjadi penting seperti cerita seorang teman ketika ia mengerjakan skripsi? Pada saat mendekati hari “H” tiba-tiba file-nya tidak bisa diakses karena file-nya tiba-tiba corrupt. Hal ini tentunya akan menjadi mimpi buruk bagi yang mengalaminya. 
Harddisk terdiri atas piringan yang berisi data. Piringan terus berputar

ketika bekerja dan seiring dengan berlalunya waktu, kinerja dan performannya akan menurun dan menghasilkan bad block of data. Bila data anda termasuk bad block of data, kemungkinan ia tidak dapat
terbaca (unreadable). Sangat penting untuk menyadari hal ini sebelum data anda tidak dapat diakses, bahkan hilang.
Chekdisk merupakan salah satu tools bawaan dari windows yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah pada local disk, seperti memperbaiki error pada sistem atau melakukan scanning dan recovery data. Namun, hal tersebut akan menghilangkan integritas file yang telah diperbaiki.
Sebuah program dan tools monitoring yang tersedia pada windows tidak mampu sepenuhnya menunjukan kepada anda apakah integritas suatu file dapat dipertahankan pada drive tertentu atau tidak. Oleh karena itu, pada postingan kali ini, mozalora akan memberikan aplikasi freeware untuk mengetahui informasi sistem, harddisk monitoring, diagnosis, hinggah problem solving untuk memperkecil kemungkinan terjadinya error pada harddisk anda.
Berikut ini 13 aplikasi untuk mengatasi masalah harddisk anda:

1. CrystalDiskInfo
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISK
CrystalDiskInfo merupakan program monitoring yang cukup baik. Program ini dapat memperingatkan anda jika harddisk yang anda gunakan temperatur dan kesehatannya semakin meburuk. Secara default, ia akan memperingatkan anda jika suhu harddisk melebihi 50 derajat C/122 der F. Tipe temperaturnya dapat anda sesuaikan. Program ini mengakumulasikan dari SMART dan dapat menampilkannya secara grafik. Selain itu program ini dapat menampilkan data teknis harddisk, seperti kapasitas, nilai RPM, firmware, jenis interface, hingga ke serial number. 
Kemampuan: 
  • Melakukan monitoring secara real time. 
  • Terdapat fungsi alarm untuk health dan temp. 
  • Menampilkan temperatur untuk setiap drive. 
  • Opsi untuk memilih icon temp saja. 
  • Menampilkan informasi dari S.M.A.R.T, baik harddisk internal maupun eksternal. 
  • Pengaturan AAM (Automatic Acoustic Management)/APM (Advance Power Management). 
  • Mengakumulasi informasi dari S.M.A.R.T., secara grafik. 
  • Menginformasikan total waktu yang telah ditempuh. 
  • Update frequently.
Kompatibilitas : windows 2000(x86), XP,  Server 2003, Vista, Server 2008, Windows 7(x86, x64). 
Download CrystalDiskInfo

2. HDDscan
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKHal yang cukup mengesankan dari HDDscan yaitu saat melakukan scan bad block of data. Ia akan membuat daftar berdasarkan waktu respon sehingga sobat dapat melihat block mana yang hampir unreadable sebelum akhirnya hilang. 




Kemampuan S.M.A.R.T. : 
  • Membaca dan menganalisis parameter SMART dari ATA/SATA/USB/FireWire HDD. 
  • Membaca dan menganalisis Log Pages dari SCSI HDD. 
  • SMART test running on ATA/SATA/USB/FireWire HDD. 
  • Memonitoring temperatur ATA/SATA/USB/FireWire HDD. 
Fitur tambahan: 
  • Membaca dan menganalisis data teknis dari ATA/SATA/USB/FireWire/SCSI HDD. 
  • Changing AAM, APM, PM parameters on ATA/SATA/USB/FireWire HDD. 
  • Reporting defect information on SCSI HDD. 
  • Spindle start/stop function on ATA/SATA/USB/FireWire/SCSI HDD . 
  • Hasil dapat disimpan dalam format MHT. 
  • Reports can be printer. 
  • Skins support.
Kompatibilitas : windows 2000(x86), XP,  Server 2003, Vista, Server 2008, Windows 7(x86, x64). 
Download HDDscan  

3. DiskCheckup
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISK DiskCheckup memiliki fungsi yang sama dengan CrystalDiskInfo. Secara default, threshold temperatur yang ditetapkan lebih tinggi dari CrystalDiskInfo, yaitu 60 der C/140 der F. Informasi dapat ditampilkan secara pop menu atau mengirimkan pemberitahuan melalui email, tentunya dengan adanya pengaturan sebelumnya pada configurasi menu. Tiga pilihan pada tab menu yaitu Device info, SMART info, dan SMART history. Informasinya dapat diakses secara langsung atau melakukan  eksport file ke dalam bentuk teks. Walaupun memiliki fungsi yang sama dengan CrystalDiskInfo, tetapi ia tidak dapat menambahkan tampilan informasi dalam bentuk grafik. 
Kemampuan:
  • Melakukan monitoring secara real time.
  • Terdapat fungdi alarm.
  • Menampilkan temperatur untuk setiap drive. 
  • Memberikan report melalui email.  
  • Menampilkan informasi dari S.M.A.R.T., baik harddisk internal maupun eksternal. 
  • Update frequently.
Kompatibilitas : windows 2000(x86), XP,  Server 2003, Vista, Server 2008, Windows 7(x86, x64).
Download   DiskCheckup 

4. HDtune
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKHDtune menyediakan benchmark tools yang berguna untuk pengujian performan harddisk. Selain itu ia menyediakan informasi dari SMART dan informasi umum lainnya. Juga dapat digunakan untuk pengujian harddisk internal ataupun eksternal. 
Jika ingin melakukan pengujian dengan menggunakan software ini, cukup pilih menu Bencmark pada tab menu, lalu pilih drive atau harddisk yang akan diuji. Waktu yang diperlukan untuk melihat hasilnya cukup singkat. Hasilnya berupa parameter, seperti transfer rate, access time, burst rate dan CPU usage lengkap beserta tampilan grafiknya. Selain itu HDDtune dapat melakukan scanning untuk mengetahui ada atau tidaknya error.
Kemampuan:
  • Untuk keperluan benchmark dengan tampilan grafik untuk harddisk internal maupun eksternal. 
  • Melakukan scan untuk bad block of data pada drive internal dan eksternal dengan grafik diagram. 
  • S.M.R.T., Power On Hours, general info hanya untuk harddisk internal.
Kompatibilitas : windows 2000(x86), XP,  Server 2003, Vista, Windows 7(x86, x64).
Download   HDtune

5. Ariolic Disk Scanner
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKSoftware ini dapat melakukan scanner terhapad error pada saat proses read. Kadang mungkin sobat pernah melihat atau bahkan mengalami sendiri beberapa file pada disk tidak dapat dibaca, hal tersebut bisa diakibatkan oleh berbagai alasan, tetapi intinya adalah terjadi degradasi atau penurunan kemampuan harddisk yang menjadi tanda awal kerusakan harddisk. Aplikasi ini dapat melakukan scanner terhadapa harddisk internal, eksternal, flash disk, CD dan floppy. 

Kemampuan:
  • Read-only test of hard drive volumes for read errors. 
  • Scan harddisk, flash disk, USB hard drive, CD/DVD, floppy.  
  • Ariolic Disk Scanner tidak memerlukan instalasi. Dan merupakan pertable yang dapat dijalankan melalui flash disk atau CD.  
  • Menampilkan daftar file jika terjadi error.  
  • Work with hard drive, flash disk, CD, floppy.  
  • Nice and simple user interface. 
Kompatibilitas : windows 2000, XP,  Server 2003, Vista, Windows 7.
Download Ariolic Disk Scanner 

6. CrystalDiskMark
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISK Crystal disk mark merupakan suatu software yang sampai saat ini masih terupdate versi terbarunya. Fungsinya sebagai aplikasi pengujian kemampuan read/write yang dapat ditentukan sesuai dengan drive yang diinginkan.Terdapat 4 pilihan pengujian berdasarkan block size, yaitu sequential, 512 KB, 4KB, 4 KB QD32 atau dapat memilih seluruh pengujian dengan memilih all.  




Kemampuan:
  • Measure sequential reads/writes speed.
  • Measure random 512 KB, 4 KB, 4KB (Queue Depth=32) reads/writes speed. 
  • Select test data (Random, 0Fill, 1Fill).  
  • Theme support.  
  • Multilanguage support (termasuk bahasa indonesia). 
Kompatibilitas : windows 2000, XP,  Server 2003, Vista, Windows 7. 
Download Crystal disk mark 

7. HDSpeed
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKMerupakan aplikasi benchmark untuk pengujian kecepatan baca/tulis maupun pengujian kecepatan transfer data untuk hard drives, CD/DVD-room, flash card/stick, floppy, dan berbagai media storage lainnya. Parameternya dapat diperlihatkan secara real time melalui grafik. Terdapat 4 pilihan pengujian, yaitu: Read, Write, Write + Read dan Write+Read+Verify.
Untuk mode read tidak ada catatan khusus saat melakukannya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika menggunakan mode write. Pastikan data penting pada drive yang akan diuji telah diback-up karena pada pengujian dengan mode write ini, semua data pada drive yang anda uji akan terhapus. Pastikan segala sesuatu sesuai dengan prosedur walaupun sebelum menjalankan mode write, akan muncul peringatan serta perintah untuk menuliskan kalimat “DESTROY DATA” seebelum proses selanjutnya dilakukan. Selain itu terdapat pengaturan untuk durasi pengujian yang dapat disesuaikan.
Kompatibilitas : Windows NT4 sampai windows 7.
Download HDSpeed

8. SpeedFan
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKMerupakan program freeware yang memiliki fungsional yang cukup luas, tidak hanya untuk memonitor SMART dan temperatur pada harddisk. Ia juga dapat memonitor temperatur pada GPU dan CPU. Selain itu, ia dapat memonitor tegangan dan kecepatan kipas. SpeedFan dapat mengakses sensor suhu digital dan mengatur kecepatan putar kipas sesuai keinginan kita serta untuk mengurangi noise yang dihasilkan. 
Terdapat 6 menu pilihan pada tab program ini, yaitu readings clock, info, exotics, SMART dan Charts.
Pada readings dan exotics, keduanya memiliki persamaan yang menampilkan temperatur suhu pada CPU, GPU, dan harddisk. Bedanya, menu exotics dilengkapi dengan frekuensi processor, kapasitas baterai, serta uptime (lama waktu PC atau notebook mulai bekerja).
Hal yang cukup unik adalah pada tampilan temperaturnya. Selain menampilkan informasi angka, ia menyertakan icon yang menandakan kondisi temperatur pada CPU, GPU, dan harddisk. Pada kasus ini jika temperatur melebihi 50 derajat C, iconnya akan berubah menjadi gambar api yang menandakan kondisinya overheat.
Dari segala kemampuan yang dimilikinya, program ini wajib ter-install di PC atau notebook anda, lebih lagi ia bersifat freeware.
Kompatibilitas : windows 9x, ME, NT, windows 2000, XP,  Server 2003, Vista, Windows 7, work with windows 64 bit 
Download   SpeedFan

9. DiskBench
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKMerupakan program untuk mengukur seberapa cepat disk anda dapat menyalin file kemudian memindahkannya. Program ini mempermudah anda melakukan hal tersebut. Anda tidak membutuhkan stopwatch untuk mengetahui seberapa cepat ia dapat meng-copy/paste file. Cukup menentukan lokasi sumber dan lokasi tujuannya, segala informasinya yang dibutuhkan akan muncul. 
Untuk dapat menggunakan program ini setidaknya pada PC anda sudah ter-install Microsoft .NET Framework 2. Jika belum silahkan download Microsoft .NET Framework 2 disini.

Kompatibilitas : XP,  Vista, Windows 7.Download   DiskBench

10. Seagate Seatools
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKSeatools merupakan aplikasi freeware yang cukup komprehensif dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini sangat membantu menentukan kondisi disk drive anda, baik harddisk internal maupun harddisk eksternal. Walaupun pada keterangannya disebutkan penggunaanya untuk harddisk seagate dan maxtor saja, ternyata ketika dilakukan pengujian, ia mendukung jenis harddisk maupun UFD dari merk lain.



Tujuh basic test yang dapat dilakukan oleh program ini, yaitu: 
  • SMART check. 
  • Short Drive Self Test. 
  • Long Drive Self Test. 
  • Drive Information. 
  • Short Generic. 
  • Long Generic. 
  • Advance Test. 
Sayangnya program ini tidak dapat memberikan informasi yang cukup mengenai hasil test karena hanya mencatumkan hasil berupa keterangan bahwa harddisk lulus tes atau tidak. Sementara drive information  berisi informasi data teknis tentang harddisk yang diuji.
Kompatibilitas : XP,  Vista, Windows 7. 
Download   Seagate Seatools

11. Scanner
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKSaat kapasitas harddisk anda terisi penuh, penurunan kinerjanya pun mulai terasa. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menghapus sebagian file yang dirasa tidak penting. Namun tidak jarang diantara kita yang menyimpan file secara acak tanpa mengklasifikasinya sehingga file yang berisi dokumen bisa jadi tercampur dengan file yang berisi lagu atau film.
Banyak program free disk space analyzer yang menawarkan kemampuan untuk memetakan file pada harddisk. Dengan demikian , anda akan mudah mengetahui jenis file yang cukup mendominasi isi harddisk dan melakukan penataan secara efisien dengan menghapus file yang dirasa tidak penting. Dengan begitu kinerja harddisk akan kembali prima.
Scanner merupakan aplikasi yang memetakan jenis dan tipe file serta kapsitas harddisk. Aplikasi initerdiri atas dua buah .reg yang terdiri atas “add scanner to context menu” dan “delete scanner to context menu”. Perintah yang ditampilkan cukup mudah untuk diaplikasikan. Anda dapat memilih drive yang akan discan. Hasil yang ditampilkan berupa diagram lingkaran yang bisa anda zoom in atau zoom out untuk menyesuaikan ukuran. Selain itu proses scanning aplikasi ini sangat cepat sehingga tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasilnya.
Kompatibilitas : XP and above. 
Download   Scanner

12. Spacesniffer
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKSuatu ketika anda menyimpan data diharddisk, tetapi anda lupa dimana tepatnya anda menyimpan data anda, apalagi jika harddisk anda berisi ribuan, bahkan jutaan data yang tersebar. Pastinya akan sangat merepotkan, bukan? Langkah yang paling mudah umum dilakukan adalah mengandalkan fitur pencarian pada windows. Namun untuk itu dibutuhkan waktu yang lama.
Program yang satu ini akan memberikan solusinya. Secara garis besar, spacensiffer memiliki fungsi yang sama dengan program scanner. Bedanya, ia tidak memetakan secara grafis, teta[i menggunakan blok-blok, bergantung pada kapasitas file. Uniknya, pada tab menu terdapat tombol untuk mengklasifikasikan  atau mengategorikan tipe file dengan membubuhkan warna yang berbeda-beda untuk membedakannya.
Anda juga dapat mengatur konfigurasi untuk tampilan secara default atau tampilan pengklasifikasian secara lebih mendetail dengan menekan tombol more detail pada tab menu atau dengan hot key (ctrl ‘+’). Selain itu, untuk melihat isi data lebih dalam lagi, cukup klik ganda pada file yang dipilih.
Bila dibandingkan dengan program scanner, ia jauh lebih unggul dari segi interface dan penggunaan yang user friendly disamping proses scanningnya cepat.
Kompatibilitas : Windows 98 – windows 7
Download   Spacesniffer

13. Recuva
Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISKTidak ada yang lebih hebat dari pada program recovery data. Program yang dapat mengembalikan file yang sudah terhapus ini merupakan program freeware yang dilengkapi interface yang menarik. Program ini juga menampilkan spesifikasi komputer yang digunakan.


Kelebihannya, pada tab menu terdapat opsi untuk tipe file yang akan di recover, seperti : 
  • Picture. 
  • Music. 
  • Documents. 
  • Video. 
  • Compressed. 
  • Emails. 
Jika anda memilih menu Advance, akan muncyl tampilan baru. Pada tampilan baru itu, sisi kanannya terdapat keterangan berupa informasi file yang akan di recover.
Namun perlu diingat bahwa program ini tidak dapat me-recover data yang sudah hilang ketika data ini belum ter-install...jadi sebaiknya installah program ini dari awal... 
Kompatibilitas :  Windows 98, ME, NT, 2k, XP, Vista, 7
Download  Recuva

Sekian postingan tentang Aplikasi Untuk Atasi Masalah HARDDISK, semoga bermanfaat untuk mengatasi masalah harddisk anda.

0 komentar:

Post a Comment