Home » , , » Cara Downgrade Dari Windows 8 Ke Windows 7

Cara Downgrade Dari Windows 8 Ke Windows 7

Jika anda membeli komputer berupa laptop atau desktop yang preinstalled Windows 8, maka kemungkinannya adalah sistemnya telah menggunakan UEFI. Dan jika anda tidak puas dengan Windows 8 dan bermaksud beralih atau downgrade ke Windows 7, maka perlu anda ketahui bahwa hanya Windows 8 Pro yang bisa downgrade ke Windows 7 Professional tanpa harus membeli lisensi baru. Tapi cara downgrade dari Windows 8 ke Windows 7 tidak hanya memiliki satu opsi tersebut, anda bisa saja instal Windows 7 versi lainnya dengan membeli lisensi atau menggunakan lisensi Windows 7 yang anda telah miliki sebelumnya.
Yang menjadi masalah adalah jika komputer dengan sistem UEFI, kemungkinannya anda tidak bisa booting menggunakan sistem operasi lainnya, kecuali anda disable Secure Boot dan Enable Legacy BIOS. Jika anda bermaksud instal Windows 7 ke dalam komputer yang menggunakan UEFI, anda harus masuk ke UEFI dan melakukan hal tersebut. Seperti dalam gambar berikut yang mana adalah laptop HP, pada bagian "Security", "Legacy Support" harus diganti jadi "Enable" dan "Secure Boot" harus diganti jadi "Disable".

Setelah anda lakukan hal tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memilih Boot menggunakan media yang anda gunakan, apakah DVD atau USB Flash Disk.
Setelah masuk ke set-up Windows 7, ketika sampai pada memilih partisi, kemungkinannya anda tidak bisa instal Windows 7 pada salah satu partisi, karena Windows 8 diinstal dengan menggunakan GPT Partition.
Solusinya adalah dengan memilih "Drive Options" dan "Delete" semua partisi dan membuat "New" partisi. Atau mengakses Command Prompt dengan menekan tombol SHIFT + F10 dan menjalankan perintah:

diskpart
list disk, pilih hard drive.
select disk *, dimana * adalah nomer hard drive.
list partition
clean, untuk menghapus semua partisi.
exit

Selanjutnya anda sudah bisa melanjutkan instalasi Windows 7 sampai selesai dan menikmati downgrade dari Windows 8 ke Windows 7.

Sumber: www[dot]clinic-komputer[dot]com

1 comment:

  1. I am happy to find this post very useful for me, as it contains lot of information. I always prefer to read the quality content and this thing I found in you post. Thanks for sharing.

    Checkout my site to Buy Facebook Page Likes

    ReplyDelete